Saturday, December 17, 2011

Mitos yg Salah tentang AQUARIUM

Menjaga ikan di akuarium adalah hobi yang umum dilakoni kebanyakan orang. Mereka terkadang terobsesi dengan ikan dan bentuk akuarium. Berikut ini mitos seputar hobi itu yang bisa merusak minat Anda:

Mempertahankan tangki besar
Sama sekali tidak benar. Semakin besar akuarium semakin mudah pula pemeliharaannya. Ikan air tawar mudah dipelihara dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Mungkin biaya yang dikeluarkan lebih banyak untuk menjaga tangki air senantiasa segar. Begitu pula dengan filtrasi dan pencahayaan yang cukup.

Air dalam tangki harus diganti setiap hari
Cara ini salah dan berbahaya. Bisa-bisa membunuh semua ikan di akuarium. Aturannya adalah tidak menguras semua air. Menguras air idealnya hanya dikeluarkan sebanyak 10-20% setiap minggu.Jika memiliki sistem filtrasi, pengurasan air dapat dikelola sebulan sekali sebanyak 30-50%. Bakteri dalam air membantu ikan bertahan. Oleh sebab itu menguras semua air dapat membahayakan ikan-ikan.

Tangki kecil untuk pemula
Tangki kecil sangat sulit dipertahankan. Justru tangki besar sangat mudah dipertahankan. Tingkat kematian ikan pun renda. Di tangki kecil pergerakan ikan terbatas dan mereka bisa mati dengan mudah.

Kapasitas air berlebih di tangki berbahaya
Ikan membutuhkan cukup oksigen untuk bernafas. Sejumlah volume air yang memiliki kapasitas tetap membuat ekosistem akuarium lebih stabil.

Mudah memiliki tangki ikan yang sehat
Yang dibutuhkan adalah perubahan air dalam satu atau dua bulan sekali. Ikan lebih bahagia dan tetap sehat dengan cara itu.

No comments:

Post a Comment

Sonic Run: Internet Search Engine
Feedage Grade B rated
My Ping in TotalPing.com Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Preview on Feedage: perkutut-ujung-pangkah Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki